Rabu, 30 Desember 2009

apa itu riset pemasaran

riset pemasaran, menurut American Marketing Association (AMA) memberikan definisi resmi mengenai riset pemasaran pada tahun 1987 sebagai “fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif. Riset pemasaran menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.

Maksud tindakan yang sistematis seperti yang dijelaskan di atas adalah suatu tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten didasarkan atas kegiatan-kegiatan yang ilmiah serta dapat dibuktikan kebenarannya. Untuk kegiatan riset pemasaran, kegiatan yang sistematis tersebut meliputi berbagai kegiatan, mulai dari; perumusan masalah, penentuan desain riset, perancangan metode pengumpulan data, perancangan sampel dan pengumpulan data, analisis dan interpretasi data serta penyusunan laporan riset.

# Perumusan Masalah

Salah satu peranan penting dari riset pemasaran adalah membantu merumuskan masalah yang harus diatasi. Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat. Proses perumusan masalah meliputi pula spesifikasi tujuan riset yang dilakukan.

# Penentuan Desain Riset

Pada tahapan ini dibuat kerangka untuk melaksanakan penelitian. Di dalamnya memuat secar a rinci prosedur untuk pengumpulan data, cara pengujian hipotesis, kemungkinan jawab terhadap research questions samapi dengan model analisis yang dipergunakan.

# Perancangan Metode Pengumpulan Data

Setelah ditentukan model yang dipakai untuk pengumpulan data, dilakukan kegiatan pengumpulan data baik primer maupun sekunder. Pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan cara interviewing, dengan wawancara langsung, telepon maupun surat. Sedangkan untuk mendapatkan data sekunder dapat digunakan fasilitas internet, perpustakaan, publikasi lembaga-lembaga statistik, majalah dan sebagainya.

# Perancangan Sampel dan Pengumpulan Data

Perancangan sampel harus dilakukan dengan menspesifikasi kerangka sampling, proses pemilihan sampel dan jumlah sampel. Kerangka sampling merupakan daftar unsur populasi yang harus diambil sampelnya. Proses pemilihan sampel didasarkan pada berbagai metode sampling, baik probability sampling maupun non probability sampling.

# Analisis dan Interpretasi Data

Temuan riset pemasaran tidak akan ada nilainya jika tidak dianalisis dan diinterpretasikan. Analisis data terdiri atas beberapa langkah, yakni: editing, koding, tabulasi, analisis (misalnya uji statistik) dan interpretasi data.

# Penyusunan Laporan Riset

Laporan riset merupakan rangkuman hasil, kseimpulan dan rekomendasi penelitian yang diserahkan kepada pihak manajemen untuk pengambilan keputusan. Biasanya laporan riset akan menjadi standar penilaian yang digunakan para eksekutif dalam mengevaluasi proses manfaat riset pemasaran. oleh sebab itu laporan riset harus jelas, informatif dan akurat.

referensi:

http://mrpendi.wordpress.com/2008/01/31/apa-itu-riset-pemasaran/

pengertian segmentasi pasar &manfaat

Segmentasi Pasar
Pengertian segmen pasar (Fandy Tjiptono, 2001)

Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.

Pembagian segmen pasar:
1. Segmentasi pasar konsumen
Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.

2. Segmentasi pasar bisnis
Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, daan merek.

3. Segmentasi pasar yang efektif (Fandy Ciptono, 2001)

  • Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, profil segmen;
  • Besar segmen (subtantial): cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani;
  • Dapat dijangkau (accessible): dapat dijangkau dan dilayani secara efektif;
  • Dapat dibedakan (differentiable): secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran;
  • Dapat diambil tindakan (actionable): program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen tersebut.

Evaluasi terhadap segmen pasar adalah adanya pertumbuhan segmen, daya tarik struktur segmen secara keseluruhan dan SDM, serta tujuan dan sumber daya perusahaan apakah perusahaan berinvestasi dalam segmen tersebut atau tidak

Penentuan Target Pasar
Konsentrasi segmen tunggal
Perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.

Spesialisasi selektif
Perusahaan memilih sejumlah segmen pasar yang menarik dan sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki.

Spesialisasi pasar
Perusahaan memusatkan diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan tertentu.

Spesialisasi produk
Perusahaan memusatkan diri pada pembuatan produk tertentu yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar.

Pelayanan penuh (full market coverage)
Perusahaan berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan. Hanya perusahaan besar yang mampu menerapkan strategi ini, karena dibutuhkan sumber daya yang sangat besar.


sumber:

http://www.tempo.co.id/medika/online/tmp.online.old/lap-1.htm

Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis


Ekonomi





a. shampoo sachet

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


b.pasta gigi

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


c. sabun mandi batangan

Anak-anak

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


d. deterjen

Ibu rumah tangga

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


e.sabun mandi bayi

Anak-anak

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


f.sabun cuci piring

Ibu rumah tangga

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


g.pengharum ruangan

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


h.sabun pencuci tangan

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


i.pemutih pakaian

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom


j. pengharum pakaian

Keluarga besar

Pengguna berat

Orientasi nilai otonom




Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis


Medis





a.obat demam

Dewasa & anak-anak

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


b.obat flu

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


c.obat cacing

Dewasa&anak-anak

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


d.obat batuk anak

Anak-anak

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


e.obat maag

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


f. vitamin

Keluarga

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


g.obat tidur

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


h.obat diare

Anak-anak&dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


i.obat sakit gigi

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang mencemaskan kesehatan


j. obat masuk angin

Dewasa

Pengguna berat

Orang yang sakit insomnia



Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis


Kosmetik





a. bedak

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


b. pembersih wajah

Wanita&pria

Pengguna berat

Kecantikan


c. pemutih gigi

Pria

-

Perokok, dll


d. handbody lotion

Wanita&pria

Pengguna berat

Melindungi tubuh


e. pelembab

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


f. lipstick

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


g. deodorant

Wanita&pria

Pengguna berat

Kecantikan


h. krim pemutih

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


i. pewarna rambut

Wanita&pria

Pengguna berat

Kecantikan


j. pewarna kuku

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan




Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis


Jenis kelamin





a. minyak wangi

Wanita&pria

Pengguna berat

Membuat tubuh harum


b. gel rambut

Pria

Pengguna berat

Merapihkan rambut


c. alat cukur

Pria

Pengguna berat

Kebersihan


d. krim pemutih

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


e. bedak

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


f. lipstik

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


g. pembersih wajah

Wanita&pria

Pengguna berat

Kebersihan


h. pewarna kuku

Wanita

Pengguna berat

Kecantikan


i. pewarna rambut

Wanita&pria

Pengguna berat

Modifikasi rambut


j. semir sepatu

pria&wanita

Pengguna berat

Kebersihan




Segmen Manfaat

Demografi

Perilaku

Psikografis


Umur





a. pasta gigi aneka rasa

Anak-anak

Pengguna berat

Menjaga kesehatan gigi


b. makanan ringan

Dewasa&anak-anak

Pengguna berat

Menjaga tubuh tetap langsing


c. teh hijau

Dewasa

Pengguna berat

Menjaga tubuh tetap langsing


d. jamu

Dewasa

-

Menjaga kesehatan tubuh


e. kopi

Dewasa

Pengguna berat

-


f. susu diet

Dewasa

Pengguna berat

Menjaga tubuh tetap langsing


g. rokok

Dewasa

Pengguna berat

-


h. minuman bersoda

Dewasa

Pengguna berat

-


i. susu bubuk

Anak-anak

Pengguna berat

Untuk memenuhi kebutuhan


j. biskuit bayi

Anak-anak

Pengguna berat

Untuk memenuhi kebutuhan